21 Maret 2016

Manfaat Kalsium pada Tubuh Manusia

sumber gambar:plantbaseddietitian.com

kalsium (calcium) atau yang lebih dikenal sebagai zat kapur adalah mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia. Tulang manusia adalah tempat di mana kalsium berada. Sebagian kecil kalsium terdapat dalam alirah darah yang berguna untuk mencegah pendarahan yang serius.

Kalsium juga bermanfaat bagi urat saraf dan otot. Kekurangan kalsium pada saraf dan otor bisa membuat urat saraf dan oto menjadi peka dan sangat kejang. Perasaan kesemutan dan kaku serta nyeri pada sendi merupakan tanda kekurangan kalsium.

Kalsium pada otot jantung adalah yang terpenting. Kekurangan kalsium pada otot jantung bisa menyebabkan jantung kehilangan tenaga dan tidak teratur dan bahkan bisa berhenti. Maka dari itu sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Akibat Kekurangan Kalsium
Pada tulang kalsium dan fosfor bersenyawa untuk menguatkan dan mengeraskan kerangka dan susunan tulang dalam tubuh manusia. Para ibu yang sedang mengandung atau mereka yang baru melahirkan sangat memerlukan kalsium tambahan. Bagi anak-anak dan remaja kalsium sangatlah penting karena mereka dalam masa pertumbuhan yang cepat.
Di dalam tubuh terjadi hubungan kimia antara kalsium, fosfor dan vitamin D. Kekurangan salah satu diantaranya dapat menyebabkan gangguan serius pada kerangka tubuh. Pada anak-anak hal ini disebut Rachitis. Sedangkan pada orang tua dikenal sebagai Osteomalacia.
Rachitis pada anak-anak biasanya ditandai oleh tidur yang tidak nyenyak pada malam hari. Bila tidak segera diobati maka pertumbuhan anak akan terhambat. Tulang menjadi lemah sehingga anak lambat untuk duduk, berdiri hingga berjalan.
Pada penderita rachitis tahap awal, kaki-kaki tidak kuat menahan berat tubuh bagian atas sehingga membengkokan lutut serta persendian lainnya. Inilah yang menyebabkan kaki anak berbentuk O (genu varum) atau kaki berbentuk X (genu valgum). Hal lain dapat dilihat pada anak yang mengalami dada membusung (pigeon breast).

Sumber utama Kalsium adalah susu dan olahan susu lainnya seperti keju, sayuran hijau, buncis, brokoli. Kacangan seperti kedele banyak mengandung Kalsium. Sehingga mengkonsumi temped dan tahu sangat baik bagi pertumbuhan tulang. Pada kentang juga banyak terkandung kalsium disamping juga ikan.

Tetapi harus diingat bahwa kalsium tidak dapat serta merta diserap oleh tubuh kecuali tubuh memiliki cukup vitamin D yang dapat kita peroleh dari makanan lain. Vitamin D dapat kita peroleh dari minyak ikan. Tetapi ada baiknya harus berkonsultasi dengan dokter agar diberikan resep yang sesuai dengan kebutuhan.


Salah satu yang harus diingat adalah manusia harus mendapat sinar matahari yang cukup agar kalsium dan vitamin D dapat berproses secara maksimal dalam tubuh.


EmoticonEmoticon