29 Juli 2016

Cara Menyelipkan Gambar pada Windows Movie Maker

Awalnya saya merasa bingung bagaimana cara menyelipkan potongan clip/gambar ke dalam sebuah video tanpa harus kehilangan audio dari video utama pada saat tayangan beralih sejenak pada clip/foto.

Begini, misalnya kita ingin memasukkan gambar atau potongan video lain ke dalam video orang sedang berpidato. Tujuannya untuk membuat ilustrasi atau supaya video kita itu tidak membosankan. Atau video paduan suara misalnya. Akan lebih menarik jika tidak tampil monoton. Awalnya sebagai amatir saya kerepotan mencari tahu apa istilah yang paling tepat untuk teknik ini. Agar bisa mencarinya caranya di internet.

Setelah 2 hari ngubek-ubek mbah Google, akhirnya ketemu juga teknik ini disebut cutaway. Mengapa menggunakan Movie Maker? Bagi pemula rasanya Movie Maker sudah cukup baik jika untuk mengedit dan membuat sebuah video sederhana. Terus terang saya sendiri mengira bahwa Movie Maker tidak mengakomodasi teknik cutaway. Ternyata salah, jadi tidak perlu Adobe Premiere atau movie editor kelas professional lainnya. Teknik cutaway ini ternyata cukup simple. Sekali percobaan pasti langsung bisa.

Langkah pertama:
Buka Windows Movie Maker Ambil dan masukan file video kita ke dalam project Masuk EDIT lalu klik split pada titik di mana akan memasukan clip/foto Masukan foto.
Sebagai percobaan saya menggunakan foto (image) Pilih durasi foto (misalnya 5 detik) tentukan titik dimaka foto akan dimasukan


video terbagi menjadi 3 bagian

Langkah kedua:
Buka EDIT (video tools) lalu klik Trim Tools Cek angka pada bagian End Point (contoh 5.50s). Artinya potongan pertama mulai dari 0.00 detik berakhir pada titik 5.50 detik. Klik Cancel. cek end point dari potongan 1

Langkah ketiga:
Ingat bahwa foto yang kita sisipkan berdurasi 5 detik. Pilih potongan video yang kedua (lihat gambar) Kembali Buka EDIT (video tools) Ubah angka pada Start Point menjadi 10.50. Nilai ini hasil dari 5.50 detik (titik akhir video potongan pertama) + 5 detik (durasi clip/foto) lalu klik SAVE tentukan start point potongan 2 lalu save


Cukup sederhana bukan? Nah kemudian saatnya mengolah menyesuaikan audio-nya. Ternyata Movie Maker juga memberi kemudahan. Dan kita masuk ke langkah keempat: Klik bagian foto dalam project kita (no 3) Pada HOME klik Record Naration lalu pilih add sound. Kita cari file video utama kita. Jangan lupa pilih type file “videos”. Nanti muncul semacam grafik audio berwarna coklat di bawah clip/foto kita. Masuk ke OPTIONS. Lalu set angka Start Point (5.50 detik) dan End Point (10.50 detik). Maka audio secara otomatis menyesuaikan. Selesai. masukan audio



Bagaimana jika kita ingin memasukkan clip atau potongan video? Caranya kurang lebih sama seperti kita memasukan foto. Jadi jika kita hanya butuh pemunculan clip selama 5 detik tinggal lakukan masuk ke bagian EDIT dan Trim tools. Set saja berapa End Pointnya lalu Save.

Atau bisa juga dilakukan lewat split dan remove saja untuk mencari bagian dari clip yang kita butuhkan. Untuk tahu berapa durasi clip kita, tinggal mouse-over saja di clip tersebut. Nanti ada data-data termasuk durasi. Jadi durasi potongan clip menjadi bagian yang penting dalam teknik cutaway ini.

Oh ya hampir lupa, jika kita ingin memasukan clip (potongan video) jangan lupa untuk meniadakan terlebih dahulu audio aslinya (mute). Setelah itu baru kemudian masuk ke langkah yang keempat. Cukup sederhana bukan?

Selain cara di atas bisa juga menggunakan file audio tersendiri. Di sini kita bisa menggunakan software khusus seperti semacam video converter. Software ini dapat memisahkan audio dari sebuah video. Langkah terakhir adalah: Save Movie, dengan setting sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba dan berkreasi.


EmoticonEmoticon