12 Desember 2013

Maaf, Kami Lebih Suka Berobat ke Penang

Bagi masyarakat Medan berobat ke luar negeri khususnya ke Penang Malaysia bukan sesuatu yang luar biasa. Anda tidak harus menjadi kaya raya untuk bisa mendapatkan pengobatan terbaik dari dokter aprofesional di rumah sakit-rumah sakit di Penang.


 
Bukan rahasia umum jika pelayanan dokter Indonesia itu kurang memuaskan. Sering salah diagnosa ditambah tarif dan harga obatnya yang luar biasa tinggi. Coba saja cek berapa laporan dugaan malapraktik yang pernah terjadi tahun ini? Angkanya luar biasa juga.Kalau kita simak surat pembaca di berbagai media cetak mengenai kekecewaan masyarakat terhadap pelayanan dokter/RS di Indonesia luar biasa juga banyaknya.Kembali ke persoalan orang Medan yang lebih memilih berobat ke luar negeri.
Anda boleh percaya boleh juga tidak, jika saya katakan bahwa berobat ke Penang misalnya jauh lebih murah daripada di Medan sendiri atau ke Jakarta. Menurut beberapa rekan dan tetangga yang berobat ke sana memang begitu faktanya.



Dari sisi akomodasi, banyak RS di Penang yang juga memberikan layanan tempat tinggal bagi pasien yang berasal dari Indonesia. Banyak orang Medan yang mempunyai kerabat di Penang sehingga bisa menumpang di sana. Tiket pesawat Medan-Penang cukup murah, PP tidak sampai satu 800 ribu rupiah (itu sudah harga paling tinggi) dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit. Bahkan di Koran lokal Medan sendiri banyak iklan sewa apartment murah yang lokasinya dekat dengan RS di Penang.

Kenapa orang Medan lebih percaya dokter Malaysia? Karena dokter Indonesia memang diragukan. Banyak kasus salah diagnosa. Contoh, seorang pasien divonis ia harus melakukan cuci darah agar bisa sembuh. Oleh banyak orang disarankan untuk Penang dulu sebagai second opinion yang terbaik. Eh oleh dokter di Penang ternyata hanya dikasih obat dan bisa sembuh. Demikian pula kasus seorang teman yang katanya harus dioperasi untuk mengangkat penyakitnya, namun setelah dibawa ke Penang ternyata hanya diperlukan pengobatan biasa. Makanya dokter Malaysia kadang suka heran sendiri dengan apa yang dilakukan dokter Indonesia dalam mendiagnosa penyakit. Belum lagi harga obat di sini yang harganya gila-gilaan. Maaf, bukan rahasia lagi dokter mendapat fee yang besar dari produsen obat. Alasan-alasan lain silakan buka link dibawah artikel ini.
Disamping itu, Penang sendiri memang memberikan kemudahan bagi orang Indonesia yang berobat disana. Mereka percaya bahwa fasilitas yang baik dan kualitas dokter yang terjaga akan mendorong orang Indonesia untuk datang ke Malaysia yang tentunya berimbas pada pendapatan mereka. Rumah sakit telah menjadi bagian dari industri pariwisata mereka.
Kalau bicara pengalaman-pengalaman orang Medan berkenaan antara memilih berobat di Medan atau ke Penang jelas lebih memilih ke Penang. Dan jangan salah berpikir, bahwa yang berobat ke Penang itu dari etnis tertentu saja. Lalu saya perhatikan tidak semua yang ke sana itu kaya-kaya lho. Dulu awal-awal tinggal di Medan saya heran dengan kelakuan orang-orang yang berobat ke Penang. Sepertinya tidak cinta produk dalam negeri. Namun lambat laun akhirnya saya tahu alasan mereka, ya itu lah fakta.
Terakhir, sebenarnya bukan orang Medan saja yang memilih berobat ke malaysia. Tercatat juga ribuan Riau, Aceh, dan Sumatera Barat pun terbang ke Penang atau Malaka hanya untuk berobat. Tentunya bisa jadi indikator bagaimana pelayanan kesehatan dalam hal ini mutu dokter di Indonesia.
Silakan baca:

salam semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon